Diselenggarakan oleh Pusat Studi DDR Wilayah Mataram FKIP UNW Mataram.
Pemateri:
- Dr. Muhamad Galang Isnawan, M.Pd
- R. Didi Kuswara, M.Pd
Didactical Design Reseaech (DDR) yg mulai dikembangkan dari tahun 2000 dan diseminasikan tahun 2010, telah menjadi inovasi di dunia pendidikan Indonesia.
DDR mengadaptasi paradigma enterpretif-kritis dalam upaya menghasilkan desain didaktis inovatif menggunakan pendekatan reflektif pada tiga tahapan yakni reflection for, in, dan of action.
DDR sebagai inovasi pendekatan penelitian menekankan 5 perubahan orientasi:
- Kultur penelitian pendidikan yang lebih berorientasi pada pengkajian model atau pendekatan pembelajaran cenderung yg melihat karakteristik desain bahan ajar serta dampaknya terhadap proses dan perkembangan berpikir anak.
- Berorientasi pada pengembangan bahan ajar dari upaya pencapaian tujuan menjadi upaya optimalisasi potensi anak sesuai kemampuan dan pengalaman belajarnya.
- Menjadi proses dinamis berkelanjutan yang mampu memberikan pengalaman berpikir reflektif dalam memaknai, mengkonstruksi, serta menggunakan pengetahuan dalam berbagai konteks sesuai kebutuhan anak.
- Profesionalitas pendidik bukan semata sebagai pengguna tapi menjadi pengembang pengetahuan.
Orasi Ilmiah Didactical Design Research (DDR)