Diselenggarakan oleh Pusat Studi DDR Wilayah Mataram FKIP UNW Mataram.

Pemateri:

  1. Dr. Muhamad Galang Isnawan, M.Pd
  2. R. Didi Kuswara, M.Pd

Didactical Design Reseaech (DDR) yg mulai dikembangkan dari tahun 2000 dan diseminasikan tahun 2010, telah menjadi inovasi di dunia pendidikan Indonesia.
DDR mengadaptasi paradigma enterpretif-kritis dalam upaya menghasilkan desain didaktis inovatif menggunakan pendekatan reflektif pada tiga tahapan yakni reflection for, in, dan of action.
DDR sebagai inovasi pendekatan penelitian menekankan 5 perubahan orientasi:

  1. Kultur penelitian pendidikan yang lebih berorientasi pada pengkajian model atau pendekatan pembelajaran cenderung yg melihat karakteristik desain bahan ajar serta dampaknya terhadap proses dan perkembangan berpikir anak.
  2. Berorientasi pada pengembangan bahan ajar dari upaya pencapaian tujuan menjadi upaya optimalisasi potensi anak sesuai kemampuan dan pengalaman belajarnya.
  3. Menjadi proses dinamis berkelanjutan yang mampu memberikan pengalaman berpikir reflektif dalam memaknai, mengkonstruksi, serta menggunakan pengetahuan dalam berbagai konteks sesuai kebutuhan anak.
  4. Profesionalitas pendidik bukan semata sebagai pengguna tapi menjadi pengembang pengetahuan.

Orasi Ilmiah Didactical Design Research (DDR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *